Mata Sak Tampah

Apa itu Mata Sak Tampah?

Mata Sak Tampah atau sering juga ditulis Moto Sak Tampah adalah hantu yang berasal dari kepercayaan Masyarakat Jawa. Secara etimologi namanya berasal dari kata mata yang artinya sama dengan “mata” dalam Bahasa Indonesia, dan sak tampah yang artinya seukuran “tampah” atau “tampi”. Tampah sendiri merupakan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu dan berfungsi untuk menampi atau membersihkan beras dari kulitnya.

Wujud

Sesuai dengan namanya, Mata Sak Tampah dipercaya memiliki perwujudan berupa bola mata yang berukuran besar. Diameternya bisa mencapai seukuran tampah yakni 65-80 cm.

Versi lain menyebut bahwa Mata Sak Tampah memiliki bentuk badan layaknya manusia namun berkepala bola mata. Secara visual penggambaran versi ini bisa dibilang mirip dengan Medama-oyaji (目玉のおやじ), salah satu yokai dalam komik dan serial anime GeGeGe no Kitarō.

Perilaku

Menurut mitos yang berkembang, Mata Sak Tampah gemar mengganggu manusia. Ada yang bilang ia hanya menguntit atau mengikuti manusia yang berjalan sendirian di kegelapan. Mirip Gundul Pringis, ia hanya gemar meneror manusia yang beraktivitas di malam hari saja.

Namun versi lain menyebut bahwa hantu ini memiliki kemampuan untuk menghipotis melalui bola matanya lalu mencelakai korbannya.

Interaksi

Jika manusia bertemu dengan Mata Sak Tampah, baiknya untuk segera menghindar. Jika sampai terhipnotis, sang hantu akan memerintahkan untuk melukai diri atau bahkan bunuh diri.

Untungnya dengan berkembangnya jama dan teknologi, penampakan hantu Mata Sak Tampah ini semakin tak terdengar lagi. Bahkan generasi muda saat ini banyak yang sudah tak mengenal eksistensinya lagi.

Ditulis oleh Kuncen pada 17 Jun 2021