Memedi

Apa itu Memedi?

Memedi adalah makhluk halus atau hantu yang menakut-nakuti manusia, definisi ini tertuang dalam buku karya antropolog Clifford Geertz berjudul Religion of Java.

Nama Memedi sendiri berasal dari Bahasa Jawa dengan kata dasar wedi yang berarti “takut”. Pengulangan dwipurna pada kata dasar tersebut menambahkan arti “memiliki sifat”, jadi secara utuh artinya adalah sesuatu yang menakutkan.

Asal

Memedi merupakan kepercayaan masyarakat yang mendiami Pulau Jawa.

Wujud

Menurut Geertz, Memedi merupakan golongan makhluk halus yang banyak wujudnya. Beberapa yang ia sebutkan dalam bukunya adalah Jerangkong, Wedon, Banaspati, Genderuwo, Wewe, Uwil, Setan Gundul, Sundel Bolong, dan Genderuwo.

Perilaku

Sesuai dengan namanya, makhluk halus golongan Memedi kodratnya menggoda manusia dengan menjahili dan menakut-nakuti. Walaupun kadang mereka juga ada yang menyembunyikan atau menculik orang.

Interaksi

Salah satu Memedi yang menurut Geertz paling populer adalah Genderuwo. Menurutnya, interaksi Genderuwo dan manusia lebih sering bersifat iseng daripada menyakiti, seperti menepuk pantat wanita ketika bersembahyang, membuang pakaian ke sungai, melempar batu ke atap rumah di malam hari, hingga menampakkan wujudnya di sekitar kuburan.

Lebih lanjut, menurutnya Genderuwo kadang juga berbahaya karena bisa menyamar menjadi manusia. Kemampuan penyamaran ini ia gunakan untuk menculik atau menghamili istri orang.

Ditulis oleh Kuncen pada 13 Jan 2021